Sering Naik Pesawat? 6 Hal ‘Rahasia’ yang Tak Diberitahukan ke Penumpang, Biar Nggak Cemas
Monday, March 20, 2017
Kamu yang sering naik pesawat harus mengetahui 6 hal ini.

Tujuannya bukan untuk menakut-nakuti kalian guys.
Tapi kamu perlu tahu biar kamu gak cemas juga.
Beberapa hal ini dirahasiakan oleh awak pesawat dan crew kabin karena ingin memberikan rasa tenang pada penumpangnya.
Ya kalau penumpang tahu ada hal yang gak beres terus panik malah bisa bikin keributan di dalam pesawat kan guys?
Tapi kalau ada kasus semacam pilot atau awak pesawat yang mabuk dan bersikap aneh, kalian memang harus cemas.
Namun 6 hal rahasia ini memang tidak dibertahukan pada penumpang.

Tujuannya bukan untuk menakut-nakuti kalian guys.
Baca Juga
Tapi kamu perlu tahu biar kamu gak cemas juga.
Beberapa hal ini dirahasiakan oleh awak pesawat dan crew kabin karena ingin memberikan rasa tenang pada penumpangnya.
Ya kalau penumpang tahu ada hal yang gak beres terus panik malah bisa bikin keributan di dalam pesawat kan guys?
Tapi kalau ada kasus semacam pilot atau awak pesawat yang mabuk dan bersikap aneh, kalian memang harus cemas.
Namun 6 hal rahasia ini memang tidak dibertahukan pada penumpang.
Melansir dari Brightside.me, berikut rahasia yang tidak diberitahukan pada penumpang pesawat:
1. Tidak semua kegagalan kecil segera diperbaiki
Sekarang jangan menganggap seseorang akan membolehkan pesawat untuk lepas landas jika tidak aman.
Kerusakan di mesin dan komponen lainnya harus diperiksa sebelum penerbangan.
Namun, jika ada kegagalan kecil yang tidak mempengaruhi keselamatan maka itu tidak masalah.
Sebab crew pesawat juga berusaha menghindari delay penerbangan.
Asal gak mesin mati pasti tetap terbang kok.
2. Mengapa ada pegangan tangan di pintu dalam pesawat
Mereka dimaksudkan untuk pramugari ketika dalam keadaan panik.
Ketika petugas mempersiapkan pintu darurat, pegangan ini dapat membantu dorongan untuk membuka pintu.
Pegangan tangan ini akan membantu petugas tetap tegak berdiri meski dalam keadaan panik.
1. Tidak semua kegagalan kecil segera diperbaiki
Sekarang jangan menganggap seseorang akan membolehkan pesawat untuk lepas landas jika tidak aman.
Kerusakan di mesin dan komponen lainnya harus diperiksa sebelum penerbangan.
Namun, jika ada kegagalan kecil yang tidak mempengaruhi keselamatan maka itu tidak masalah.
Sebab crew pesawat juga berusaha menghindari delay penerbangan.
Asal gak mesin mati pasti tetap terbang kok.
2. Mengapa ada pegangan tangan di pintu dalam pesawat
Mereka dimaksudkan untuk pramugari ketika dalam keadaan panik.
Ketika petugas mempersiapkan pintu darurat, pegangan ini dapat membantu dorongan untuk membuka pintu.
Pegangan tangan ini akan membantu petugas tetap tegak berdiri meski dalam keadaan panik.
3. Kunci koper tidak melindungi barang-barang dari dibuka
Memberi kunci gembok pada ritsleting koper itu tidak berguna.
Karena dapat dengan mudah dibuka dengan pena atau pensil.
Hal ini kadang dilakukan, bahkan dengan cara merusak ritsleting juga.
4. Mengapa benar-benar dilarang untuk merokok di pesawat
Ini pendapat orang awam bahwa larangan merokok terhubung dengan alasan yang jelas seperti bahaya kebakaran.
Namun, sebelumnya merokok pernah diizinkan dan tidak ada kebakaran.
Bahkan, alasan sebenarnya di balik larangan merokok adalah soal ekonomi.
Udara di dalam pesawat akan terus disaring jika ada yang merokok.
Itu artinya mesin penyaring udara akan bekerja lebih keras karena asap rokok, dan nantinya peralatan akan lebih cepat aus.
Memberi kunci gembok pada ritsleting koper itu tidak berguna.
Karena dapat dengan mudah dibuka dengan pena atau pensil.
Hal ini kadang dilakukan, bahkan dengan cara merusak ritsleting juga.
4. Mengapa benar-benar dilarang untuk merokok di pesawat
Ini pendapat orang awam bahwa larangan merokok terhubung dengan alasan yang jelas seperti bahaya kebakaran.
Namun, sebelumnya merokok pernah diizinkan dan tidak ada kebakaran.
Bahkan, alasan sebenarnya di balik larangan merokok adalah soal ekonomi.
Udara di dalam pesawat akan terus disaring jika ada yang merokok.
Itu artinya mesin penyaring udara akan bekerja lebih keras karena asap rokok, dan nantinya peralatan akan lebih cepat aus.
5. Mengapa penumpang diminta untuk mematikan ponsel
Sebuah ponsel tidak dapat menyebabkan kerusakan kritis di pesawat, itu hanya mitos.
Tapi jelas dapat membuat gangguan statis pada sinyal radio, yang mungkin tidak bisa membuat pilot mendengar informasi penting dari petugas operator.
Namun, percaya atau tidak, awak kabin kadang-kadang mengabaikan aturan ini lho.
6. Karyawan maskapai penerbangan dan keluarga terdekatnya memiliki tiket pesawat dengan harga lebih murah
Banyak maskapai penerbangan menyediakan tiket yang sangat murah untuk karyawan mereka.
Bahkan kadang-kadang ada yang gratis untuk karyawan mereka sendiri, anak-anaknya, dan pasangannya.
Umumnya, ketika seorang karyawan membeli tiket, mereka hanya membayar pajak dan bea cukai.
Sedangkan tiket penerbangan itu sendiri gratis.
Sebuah ponsel tidak dapat menyebabkan kerusakan kritis di pesawat, itu hanya mitos.
Tapi jelas dapat membuat gangguan statis pada sinyal radio, yang mungkin tidak bisa membuat pilot mendengar informasi penting dari petugas operator.
Namun, percaya atau tidak, awak kabin kadang-kadang mengabaikan aturan ini lho.
6. Karyawan maskapai penerbangan dan keluarga terdekatnya memiliki tiket pesawat dengan harga lebih murah
Banyak maskapai penerbangan menyediakan tiket yang sangat murah untuk karyawan mereka.
Bahkan kadang-kadang ada yang gratis untuk karyawan mereka sendiri, anak-anaknya, dan pasangannya.
Umumnya, ketika seorang karyawan membeli tiket, mereka hanya membayar pajak dan bea cukai.
Sedangkan tiket penerbangan itu sendiri gratis.